Jumat, 25 Oktober 2019

cerpen Hilya : Masuk Surga


Masuk Surga

Qonita adalah  anak tukang becak yang baik dan pintar. Qonita mirip dengan ayahnya. Walaupun anak tukang becak, dia selalu belajar mandiri, mengaji, solat, hadis fikih. Kadang dia minta izin pada pak satpam supaya bisa mendengar guru yang lagi mengajar.
          Pada suatu hari dia mendengar siapa yang pahalanya lebih banyak daripada dosanya dia akan masuk surga. Di surga ada sungai yang airnya bisa diminum, semua buah bisa diambil, buahnya juga manis–manis, disana tidak panas. Qonita memutuskan untuk menunggu pelajaran selesai dan guru sudah keluar dari dalam kelas. Saat pelajaran sudah selesai dan guru sudah keluar dari dalam kelas Qonita mengajukan pertanyaan.
 ‘’Bu, Bagaimana cara untuk bisa masuk ke dalam surga?”, tanya Qonita.
 ‘’Itu gampang, tapi  kalau kamu mau masuk surga kamu harus berusaha dulu!’’, jawab Bu Guru.
‘’ Berusahanya kayak mana ya  buk?”. Tanya Qonita pada bu guru
‘’Kamu harus solat 5 waktu, mengaji, berbakti pada kedua orang tua, berpuasa ramadhan jujur kepada orang lain, berbuat baik kepada orang lain, saling memaafkan dan menjauhi larangannya serta melakukan perintahnya baru kamu bisa masuk surga begitu nak’’.Jawab bu guru
‘’Gitu ya bu?’’
‘’ Iya nak, memang nya kamu belum tahu ya nak atau kamu lupa nak?’’
‘’Saya baru tahu bu, saya hanya anak tukang becak bu’’.
‘’Aduh maaf ya nak ibu malah bikin kamu sedih’’.
Tidak apa-apa buk, yang penting ibu sudah memberi saya ilmu yang berguna untuk diri saya,sekali lagi terima kasih ya bu’’?.
‘’Sama – sama, nak nama kamu  siapa?’’.
‘’Nama saya Qonita bu kalau nama ibu siapa’’?.
‘’Nama ibu Ruby nak, rumah kamu dimana ya Qonita?”.
 ‘’ Rumah saya di perumahan graha rambutan blok A no 5 bu’’.
‘’Kalau rumah ibu ada dimana?”.
‘’Rumah ibu di perumahan pemda jl.Dayun nomor 25’’.
‘’Ooo kalo gitu saya pamit dulu ya  bu Ruby, assalamu alaikum’’.
‘’Waalaikum salam qonita’’.

Pesan moralnya adalah, kita harus solat 5 waktu, mengaji, berbakti kepada kedua orang tua, berpuasa ramadhan, jujur pada orang lain,berbuat baik pada orang lain, saling memaafkan, men jauhi larangannya serta melaksanakan perintahnya supaya kita bisa masuk surga.


by hilya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar