Jumat, 12 Desember 2008

Subhanallah Nak....Ibu belajar banyak padamu !


Mengajar,.....selalu dianggap sebagai profesi yang mulia... setiap hari selalu berinteraksi dengan ilmu.... dan dinamis....

Hari ke hari makin saya sadari..ternyata menjadi guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran berdasar dari silabus dan lesson plan nya....namun lebih dominan...adalah sama-sama belajar tentang kehidupan..... kita belajar kepolosan dan kejujuran dari siswa kita

Hari ini ruang TI terasa begitu panas, dengan 30 komputer dan 30 anak, AC mati. suasana yang panas, suara anak-anak yang gaduh.... dan beberapa siswa yang menggoda temannya.... saya coba tenangkan suasana...merendahkan suara..menekan emosi....berusaha tampil prima tidak 'termakan' godaan anak-anak untuk marah..... dengan hak kendali penuh ada pada saya.. saya yakin bisa mendiamkan semuanya....dengan suara yang menuntut keadilan..( mungkin anak-anak menganggap saya mengomel....) .agar anak-anak konsentrasi dengan projek yang saya berikan..........

Memang suasana menjadi lebih tenang..... tapi saya merasa ada yang hilang.... cara otoritas yang saya terapkan untuk membuat mereka tenang, ternyata merenggut kenyamanan mereka....suasana jadi kaku tidak fun seperti biasanya.... yang biasanya mereka belajar diiringi musik lagu anak-anak / nasyid.....hati saya menolak untuk memutarnya...... saya pun terfikir lho...kok begini,.. padahal saya inginkan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk anak-anak saya.....dihati kecilpun menyadari ada yang slah dengan diri ini....

Tampak mata, saya memang berhasil membuat kelas tenang..... tapi sebenarnya saya 'gagal' untuk hari ini......... karena keberhasilan seorang guru menguasai kelas bukan terletak pada gelegar suaranya....namun. Bagaimana siswa kita bisa menemukan ketenangan tanpa ada paksaan atau tekanan.......Bukannya tenang lahir dalam hati ? Apakah hati kita juga merasa nyaman jika dipaksa ?



Wah....nak...maafkan ibu..... ibu akan belajar lebih bijak menghadapi kalian... menciptakan ketenangan kelas kita, tanpa merenggut kenyamanan kalian..........

Forgive me...dears

Tidak ada komentar:

Posting Komentar