Senin, 25 Mei 2009

Yang berbeda di HPKA

Kreatifitas, potensi, kecerdasan tiap anak adalah berbeda. Tiap anak membutuhkan wadah untuk mengembangkan dan menguji kompetensinya. Karena hal inilah, sekolah kami mempunyai ide untuk membuat kegiatan yang semua anak bisa berpartisipasi sesuai dengan potensinya.
Hari Pekan Kompetensi Anak ( HPKA ), menjadi wadah yang mengakomodir potensi anak. HPKA dikemas menjadi pekan yang berisi lomba-lomba selama seminggu. Anak-anak boleh mengikuti lebih dari satu lomba. Ada lomba bahasa inggris link and matcah, puzzle, bahasa arab mufradat dan munasabah, Alqur’an hafalan / tahfiz, olimpiade sains, olimpiade matematika, menulis cerita, berpuisi, menari, nasyid, Art handycraft, lomba masak fun cooking dengan orang tua, dan sebagainya.
Setelah selama sepekan siswa mengikuti lomba, maka pada hari terakhir adalah puncak HPKA. Acara yang dikemas sebagai perayaan untuk siswa, ada penampilan grup band islami, tarian, pembagian hadiah, fun cooking, dan yang paling seru adalah bazaar. Bazaar ini menjadi rangkaian lomba dan dinilai, anak-anak boleh berjualan apa saja.
Dalam Bazar kebanyakan anak-anak menjual makanan dan minuman seperti jus, sari kedelai, burger buatan mereka sendiri, mie, aneka snack, sosis, roti dan lain-lain. Mereka juga menjual handycraft. Uniknya, jika stan mereka sepi…anak-anak akan menjajakan dagangannya keliling. Tidak hanya area bazaar, namun ke luar sekolah, kepada orang tua pengantar anak, pada staf yayasan, dan lain-lain. Terlihat sekali anak-anak sangat bahagia, dan bersemangat.
Kami para guru, sudah menyiapkan uang untuk berbelanja. Subhanallah…dengan mengajarkan mereka berwira usaha, akan melatih life skill mereka. Kami para guru bahagia,…orang tua juga sangat mendukung. Mereka bangga, ketika putra putrinya berhasil menjual barang dagangannya, dan membawa cerita kehidupan yang luar biasa. Walau…saya tahu antara modal yang dikeluarkan para orang tua untuk dagangan ananda, tidak imbang dengan pendapatannya.
HPKA hadir dari para guru yang kreatif, dari orang tua yang selalu mendukung dengan waktu dan sarananya…semoga terus bersinergi untuk memberikan terbaik buat ananda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar